• thegrandshow2017

Bukan Sekedar Instrumen Musik, Piano Bisa Jadi Instrumen Investasi

Updated: Apr 7


Investasi piano
Fazioli M. Liminal, salah satu piano langka yang hanya ada 10 di dunia.

Piano sejatinya diciptakan untuk bermain musik. Harganya terbilang mahal dan terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. Wajar jika sebagian orang tidak hanya menjadikan piano sebagai instrumen musik tapi juga instrumen investasi. Memiliki piano, terutama edisi terbatas dari brand ternama, dapat memberikan keuntungan yang besar dalam jangka panjang.


Investasi piano sebenarnya bukan hal baru. Sejak ratusan tahun lalu, ada cukup banyak orang yang menyimpan piano sebagai warisan generasi secara turun temurun. Meskipun usianya tua, piano dengan material kayu yang berkualitas dan terawat tetap memiliki kualitas suara yang terjaga. Alhasil, bukannya berkurang nilai jualnya, harga piano tua justru semakin melambung.


Baca juga: Helen Gumanti Tampil Memikat dalam The Grand Love Stories


Kendati demikian, sebagian piano bekas harus melalui proses restorasi atau rekondisi agar kualitasnya tetap bagus. Namun jika sang pemilik piano rajin memberikan perawatan berkala, kualitas pianonya tetap akan terjaga tanpa perlu melakukan perbaikan yang berarti.


Investasi yang menyenangkan


Piano dapat menjadi instrumen investasi yang menyenangkan karena kita bisa memainkan piano kapan saja bukan hanya menyimpannya di gudang. Jadi manfaat piano sebagai alat musik tetap ada dan bisa dinikmati. Selain bagus untuk kesehatan mental, bermain piano juga bisa mengembangkan bakat Anda dalam bermusik.


Selain itu, umumnya orang menjadikan piano sebagai furnitur untuk memperindah ruangan. Keberadaan piano di dalam rumah bahkan dianggap sebagai bentuk status sosial pemilik rumah. Maklum, piano merupakan salah satu barang mewah karena harganya yang mahal dan tidak semua rumah memilikinya.


Potensi keuntungan investasi piano


Pada dasarnya tidak ada acuan pasti berapa persen nilai keuntungan investasi sebuah piano. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga jual piano bekas seperti nilai sejarahnya, kualitas material, brand dan tentu saja kondisi fisik piano.


Baca juga: The Grand Hadirkan Nostalgia Film Love Affair


Namun dalam jangka panjang, harga piano bisa naik berkali-kali lipat dari harga beli. Setidaknya harga piano naik mengikuti laju inflasi. Sekedar contoh saja, pada tahun 80-an, harga piano merek Jepang sekitar Rp 3 juta. Sedangkan saat ini, harga piano bekas tipe sejenis dengan merek yang sama paling murah sekitar Rp 20 juta hingga Rp 30 juta.


Harga piano dengan brand premium tentu akan lebih mahal. Apalagi jika piano tersebut diproduksi terbatas atau hanya beberapa unit saja di seluruh dunia, kenaikan harganya dalam jangka panjang bisa jauh lebih tinggi.


Kenaikan harga jual piano bekas sebagai bagian dari investasi tidak memiliki patokan yang pasti. Tapi mengutip Pianobuyer.com, seiring dengan kenaikan harga barang-barang atau inflasi yang rata-rata 3%-3,5% per tahun, harga piano bekas setidaknya akan naik antara 1% hingga 2% per tahun.


Tips menjadikan piano sebagai instrumen investasi


Piano bisa menjadi instrumen investasi yang menguntungkan jika kita melakukannya dengan benar. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam berinvestasi piano:


1. Beli dari dealer piano yang memiliki reputasi bagus


Ada banyak sekali merek piano yang tersedia di pasaran. Tapi jika ingin menjadikan piano sebagai aset berharga dalam jangka panjang, sebaiknya Anda hanya membeli piano dari brand ternama yang kualitasnya sudah teruji.


Selain itu, Anda sebaiknya membeli piano pada distributor atau dealer piano yang memiliki reputasi bagus. Di Indonesia, Anda bisa datang ke The Grand Signature Piano yang memiliki showroom di Plaza Indonesia, Jakarta. Perusahaan ini merupakan distributor resmi piano premium dengan merek Fazioli, Bluthner, Estonia dan Irmler.


2. Pilih piano terbaik


Setiap orang memiliki pertimbangan sendiri dalam membeli piano. Anda bisa memilih piano terbaik dengan jenis grand piano atau upright piano. Masing-masing tentu memiliki kelebihan yang berbeda. Yang pasti untuk seorang pianis profesional, jenis grand piano tentu lebih memenuhi kebutuhan. Setiap brand piano juga memiliki banyak model piano. Anda bisa memilih model yang menarik dan sesuai kebutuhan.


Baca juga: The Grand Signature Piano’s Crown Jewel: The Limited Edition Fazioli M.Liminal


3. Pengiriman piano yang profesional


Pemindahan piano dari lokasi showroom atau toko ke rumah Anda memiliki risiko yang besar jika tidak dilakukan dengan hati-hati. Jangan sampai aset bernilai tinggi itu mengalami kerusakan di jalan seperti lecet atau tergores. Untuk itu, pastikan pengiriman piano dilakukan oleh profesional. Jangan segan untuk menanyakan ke pihak distributor terkait pengiriman yang aman.


4. Rawat piano agar selalu dalam kondisi bagus


Setelah Anda menerima piano yang dibeli, tempatkan piano pada tempat yang aman. Selanjutnya, lakukan perawatan piano secara rutin. Bersihkan permukaan piano dengan perlengkapan dan bahan khusus yang aman. Selalu perhatikan jangan sampai ada jamur pada permukaan piano. Secara berkala, Anda juga perlu melakukan penyelarasan atau tuning piano. Dengan merawat piano sebaik mungkin, nilai jual piano akan tetap terjaga.


Untuk investasi piano terbaik, Anda bisa datang dan berkonsultasi dengan The Grand Signature Piano. Anda juga bisa bertanya-tanya terlebih dahulu via WhatsApp 0813-8000-7225.



7 views0 comments