• thegrandshow2017

5 Pertimbangan Penting Saat Membeli Piano Pertama Kali



Membeli piano untuk pertama kali memiliki tantangan tersendiri. Jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang alat musik ini, Anda perlu berkonsultasi dengan orang mengerti tentang piano. Sebab, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli dan memindahkan piano ke rumah Anda.


Berikut ini lima hal penting yang sebaiknya Anda pertimbangkan saat akan membeli piano:

1. Jenis dan brand piano


Saat akan membeli piano, Anda akan dihadapkan pada banyaknya pilihan piano yang ada di pasar. Piano akustik adalah jawaban yang paling tepat bagi Anda yang ingin mengutamakan pengalaman dan kualitas dalam bermain musik. Selanjutnya, tentukan apakah akan membeli jenis piano upright atau grand piano.


Baca juga: Bukan Sekedar Instrumen Musik, Piano Bisa Jadi Instrumen Investasi


Selain menentukan jenisnya, Anda juga harus memilih brand piano yang akan dibeli. Dalam memilih brand, pertimbangkan reputasi brand selama ini. Memilih piano dengan brand yang memiliki sejarah panjang di dunia musik tentu menjadi sebuah keuntungan. Setidaknya, kualitas piano sudah teruji dengan kepercayaan orang dalam menggunakan piano tersebut selama puluhan bahkan ratusan tahun.


2. Karakteristik utama piano


Setiap orang tentu ingin membeli piano yang berkualitas. Untuk menentukan kualitas piano, pada umumnya orang mempertimbangkan tiga karakteristik utama yakni suara (sound), sentuhan (touch) dan nada (tone).


Baca juga: Fazioli: The King of Perfection


Pianis yang baik akan melihat apakah piano yang akan dibeli mampu memenuhi ekspektasi sound, touch dan tone. Jika piano dapat merespons dengan baik tiga hal tersebut, pianis dapat mengembangkan ekspresi dan kreativitasnya dalam bermain piano.


3. Piano yang sesuai kebutuhan


Kebutuhan piano Anda mungkin berbeda dengan kebutuhan orang lain. Jika Anda ingin membeli piano untuk anak yang tengah belajar bermain piano, pertimbangkan kepekaan tuts dalam merespon sentuhan.


Jika tutsnya terlalu ringan ketika ditekan, anak mungkin akan kesulitan saat bermain dengan piano dengan lebih baik. Sebaliknya, jika tuts piano terlalu berat, anak akan sulit mengeluarkan suara piano dengan jari-jarinya yang mungil. Terlihat sepele, tapi Anda harus mengutamakan progres anak dalam belajar piano. Belilah piano yang bisa membantu anak dalam mengembangkan kemampuan bermusiknya dengan baik.


Sedangkan jika ingin membeli piano bagi anak yang sudah berusia remaja dengan tingkat kemahiran dalam bermain piano yang lebih tinggi tentu kebutuhan pianonya berbeda. Selain kualitas suara pianonya, pertimbangkan juga faktor estetika. Dewasa ini, cukup banyak pilihan piano berkualitas dengan desain menarik yang bisa dipilih.


4. Sesuaikan dengan anggaran


Ketika sudah mendapatkan gambaran tentang jenis, brand, karakteristik dan kebutuhan piano yang akan dibeli, Anda tinggal menyesuaikan dengan aggaran belanja. Jenis grand piano tentu lebih mahal harganya dibandingkan dengan upright piano.


Baca juga: Estonia: The Hidden Jewel of Pianos


Harga piano dengan brand Eropa juga lebih mahal dari brand Asia karena kualitas suaranya. Material dan model piano juga turut menentukan harga piano. Sesuaikan kebutuhan piano Anda dengan budget yang tersedia. Yang pasti, ada harga ada kualitas.

5. Konsultasikan dengan ahli piano


Jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk menilai kualitas piano yang akan dibeli, Anda membutuhkan bantuan profesional. Konsultasikan kebutuhan piano Anda dengan ahlinya piano. Anda bisa datang atau menghubungi The Grand Signature Piano untuk mendapatkan panduan yang benar dalam membeli piano.


Konsultasikan kebutuhan piano Anda agar bisa menemukan piano berkualitas yang tepat dan sesuai kebutuhan. The Grand Signature Piano merupakan distributor resmi piano premium dengan merek Fazioli, Bluthner, Estonia dan Irmler. Anda dapat menghubungi via WhatsApp terlebih dahulu di 0813-8000-7225.

9 views0 comments