top of page
  • Writer's picturethegrandshow2017

Di Tengah Pandemi, The Grand Dorong Murid Belajar Piano Secara Online

Updated: Jan 29, 2021


Penerapan social distancing untuk mencegah penyebaran virus Corona Covid-19 membuat aktivitas belajar mengajar sekolah musik di Indonesia nyaris berhenti total. Agar latihan musik tetap berjalan di tengah pandemi, The Grand Signature Piano mendorong murid-murid sekolah musik untuk belajar piano secara online #DiRumahAja.


Bersama dengan LMTB Music, Karya Musik Indonesia (Kami) dan Amadeus, The Grand Signature Piano terlibat dalam program Online Piano Workshop dengan pemateri Dr Edith Widayani. Workshop online ini diharapkan bisa mengisi kekosongan pelajaran musik bagi anak-anak selama sekolah musik diliburkan.


"Di tengah pandemi, anak-anak tetap membutuhkan edukasi. Mereka juga sebenarnya ada yang sedang menyiapkan kompetisi. Jadi latihan tidak boleh berhenti dan mau tidak mau harus beradaptasi dengan belajar piano secara online," tutur Brand Ambassador The Grand Signature Piano, Edith Widayani.


Online Piano Workshop digelar dalam dua batch dengan waktu belajar masing-masing dua pekan. Batch I berlangsung pada tanggal 30 Maret hingga 9 April 2020. Sedangkan batch II digelar pada tanggal 20 April hingga 4 Mei 2020.


Dalam workshop tersebut, materi piano diberikan lewat video yang diupload ke media penyimpanan online. Materi tersebut bisa didownload oleh peserta pada hari Senin, Selasa dan Rabu. Di setiap materi, peserta akan diberi pekerjaan rumah. Tugas tersebut dikerjakan dan direkam dalam bentuk video dan diupload lagi agar bisa dinilai oleh pemateri.



"Untuk Module I, materi yang diberikan tentang teknik jari, cara latihan yang baik dan bagaimana belajar lagu baru,” kata Edith.


Selanjutnya pada hari Kamis, Edith Widayani membuka sesi tanya jawab dengan peserta workshop. Puncaknya di akhir pekanpada minggu kedua, para peserta akan menggelar konser bersama yang ditayangkan secara online di Instagram. Jadi konser tersebut tidak hanya bisa ditonton oleh peserta tapi oleh semua orang.


Pada akhir workshop, LTMB akan memilih beberapa orang peserta untuk rekaman lagu Indonesia. Di batch I, tiga orang peserta telah terpilih. Sedangkan pemilihan peserta untuk batch II masih berlangsung. Untuk persiapan rekaman nanti, peserta akan mendapatkan pembekalan lewat masterclass dengan Edith Widayani.


Dengan melihat antusiasme peserta yang sangat tinggi, Online Piano Workshop akan dilanjutkan dengan Module II pada bulan Mei nanti. Kali ini, Edith akan menyampaikan materi tentang musik sebagai bahasa (struktur dan grammar), memorisasi, dan persiapan konser atau kompetisi.


Edith mengatakan, Online Piano Workshop merupakan salah satu bentuk dukungan The Grand Signature Piano bagi pendidikan musik klasik di Indonesia. Selain workshop, The Grand Signature Piano selama ini aktif menggelar konser musik klasik dan masterclass di The Grand Atelier and Culture Center, Jakarta. Yang terbaru, The Grand Signature Piano menghadirkan kolaborasi piano dan violin dari Duo Sarasvathi-Nowak pada 8 Maret 2020.


The Grand Signature Piano merupakan dealer piano premium merek Fazioli, Bluthner, Estonia dan Irmler. Perusahaan inimerupakan penyelenggara kompetisi piano bergengsi, yakni Indonesia Internasional Piano Competititon (IIPC). Sebelum bergabung dengan The Grand Signature Piano, Edith Widayani merupakan Juara I IIPC tahun 2019.(*)

28 views0 comments
logo-wa.png
bottom of page